26 July 2005

tips menembus penerbit

ada beberapa jurus yang barangkali bisa diterapkan untuk menembus penerbit.
1. Menulislah karena apa yang mau ditawarkan ke penerbit kalau kamu tidak punya naskahnya. 2. Satu naskah tidak cukup. Bikinlah naskah banyak-banyak karena semakin banyak yang bisa ditawarkan, semakin besar pula kemungkinan buat diterbitkan.
3. Cari informasi sebanyak-banyaknya soal alamat penerbit sebab kalau tidak tahu alamatnya, mau dikirim ke mana? Ke hongkong?
4. Boleh juga tepe-tepe sama editor, bos penerbitan, atau penulis yang sudah punya link ke penerbit tertentu. Apalagi kalau mereka ganteng atau cantik.
5. Jangan malu-malu mengirim ke penerbit. Kritik atau saran mereka kadang bisa bantu kita menulis naskah berikutnya lho!
6. Tidak perlu takut ditolak. Tidak diterima belum tentu karena jelek. Bisa saja karena penerbit tidak memiliki lini yang cocok untuk naskah yang masuk.
7. Sudah pakai semua, tapi masih belum berhasil juga? Mending cari profesi lain deh..... Siapa tahu bakatnya jadi bos penerbit buku.

4 comments:

Anonymous said...

oooowwww... gitu yak, baik lah baik lah baik lah... mungkin kudu ganti profesi ney :d

F.X Rudy Gunawan said...

halo, isi blognya menarik. Sudah mencoba menulis buku?

tuhu said...

wah penginn neh menerbitkan buku, lagi persiapan nih mo nawarin ke penerbit. Bisa kasih saran alamat e-mail penerbit yang diketahui???

Anonymous said...

Mas Imam ... tips2nya menarik sekali ... kayaknya tiap penulis kudu disuruh baca blog ini deh ... hehehehe ...

Salam,
Shinta