27 April 2005

tentang (fiksi anak) indonesia

Kalo bicara kritik atas perkembangan fiksi anak di indonesia, saya katakan tidak ada yang salah dengan indonesia. Sungguhpun fiksi indonesia bisa dikatakan masih jalan di tempat atau kalaupun bergerak, maka itu hanya bisa dikatakan merayap pelan, tapi tidak ada yang salah dengan indonesia. Orang boleh saja mengatakan fiksi anak indonesia hanya melulu nasihat, tapi saya katakan tidak ada yang salah dengan indonesia.

Kenapa? Sebab tidak ada yang salah dengan indonesia. Kesalahan terletak pada para penulis maupun semua pihak yang terlibat dalam pembuatan buku fiksi anak. Merekalah yang paling bertanggung jawab atas keadaan sekarang ini. Kenapa mereka tidak menulis fiksi anak yang mencerdaskan? Kenapa mereka tidak menerbitkan fiksi anak yang mencerdaskan?

Lagi-lagi kita harus mengaca pada sisi dunia yang lain. Kenapa penulis dari luar negeri bisa menulis bagus. Kenapa fiksi anak mereka bisa warna-warni? Sebab mereka mau. Fiksi yang bersumber pada mitos klasik, modern, bahkan pascamodern tak jadi soal.

So, maukah kita?

No comments: